Program CTS Komunikasi UNDIP

Program CTS Komunikasi UNDIP

Sebagai perguruan tinggi unggulan, UNDIP memiliki berberapa kelas internasional seperti IUP Komunikasi UNDIP. Program yang satu memang sangat cocok jika dusedi kelas khusus IUP / International Undergraduate program.

Fakultas Komunikasi pasti selalu mengedepankan interaksi dengan semua orang, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Interaksi itu berupa cara untuk melakukan komunikasi dengan dunia luar. Karena bahasa inggris adalah bahasa internasional, bukan menjadi hal aneh jika mengedepankan bahasa inggris dalam pembelajaran.

Kelas IUP Komunikasi UNDIP telah dibuka sejak tahun 2018. Mesk baru membuka IUP selama ±3 tahun, tetapi jurusan ini memiliki peminat yang banyak.

Pada IUP UNDIP ini terdapat program student exchange / pertukaran pelajar. Program ini memang berlaku untuk semua mahasiswa yang ada di IUP Komunikasi. Namun program pertukaran pelajar / students exchange memiliki beberapa ketentuan.

Credit Transfer System

Beberapa perguruan tinggi yang telah membuka kelas internasional / IUP, diantaranya pasti akan memberikan fasilitas berupa double degree. Namun ada juga beberapa perguruan tinggi dengan IUP yang sama sekali tidak memberikan fasilitas tersebut. Sehingga tidak selamanya IUP / kelas internasional selalu memberikan doubledegree, termasuk fakultas Komunikasi UNDIP.

Selain mempunyai standar atas pembelajaran dengan bahasa inggris seutuhnya, fakultas Komunikasi UNDIP memiliki program CTS. Program CTS / credit transfer system adalah salah satu bentuk dari profesi program student exchange / pertukaran pelajar. Program ini memang hanya dikhususkan hanya untuk mahasiswa Komunikasi UNDIP untuk kelas internasional / IUP bukan kelas regular / nasional.

Ada beberapa syarat yang harud dipenuhi untuk mengikuti program ini. Pertama mahasiswa harus telah memasuki minimal semester ke-4. Untuk mahasiswa yang belum memasuki semester ke-4, maka harus menunggu hingga memasuki semester ke-4.

Baca Juga : Program Internasional UNAIR

Ketentuan kedua yaitu tidak semua mahasiswa IUP UNDIP / Universitas Diponegoro dapat mengambil program ini begitu saja. Hanya ada beberapa mahasiswa yang akan dikirim dan terpilih untuk mengikuti program CTS.

Ketentuan ketiga ialah tujuan dari perguruan tinggi untuk students exchange / pertukaran pelajar, hanya dapat memilih di perguruan tinggi yang bekerja sama dengan fakultas Komunikasi UNDIP / Universitas Diponegoro. Ada beberapa perguruan tinggi yang akan menjadi tujuan student axchange.

Perguruan tinggi optional meliputi Woosong University Korea Selatan, Kangwon National University Korea Selatan, Asia University Taiwan, University Sabah Malaysia, University of Malaya, Taylor’s University Malaysia, Ateneo de Manila University Filipina, Radbound University Belanda, dan semua Universitas di Australia.

Setelah menyeselesaikan student exchange, mahasiswa akan memperoleh sertifikat. Sertifikat itu akan diberikan setelah kembali di Indonesia.

Sertifikat yang diterima tidak setara dengan double degree, melainkan CTS / Credit Transfer System. Dalam sertifikat itu berisi tentang pernyataan bahwa mahasiswa tersebut pernah menempuh pendidikan di Universitas kerja sama pada semester tertentu.

Karena kuota students exchange terbatas, harus didukung dengan pembelajaran luar sekolah yang berupa bimbel khusus dari eSmart Private. Bimbel eSmart ini memang menjadi lembaga pendidikan khusus untuk program IUP.

Baca Juga : Bimbel IUP UNDIP

eSmart Private bukan hanya sekedar menawarkan jasa les untuk memasuki program IUP. Bimbel eSmart ini juga menjadi bimbel yang akan sangat membantu selama proses pendidikan IUP berlangsung. Untuk info selengkapnya dapat dilihat langsung pada situs http://iup-undip.esmart-private.com.

Itulah gambaran umum tentang program students exchange / CTS dari IUP Komunikasi UNDIP. Serta cara efektif untuk dapat diterima dalam program IUP Universitas Diponegoro / UNDIP hingga tips terbaik setelah diterima.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *