Perbedaan IUP Kedokteran / Medicine UNAIR dengan Kelas Regulernya

Perbedaan IUP Kedokteran / Medicine UNAIR dengan Kelas Regulernya

IUP Kedokteran / Medicine UNAIR atau International Undergraduate Program merupakan salah satu kelas yang terdapat di fakultas kedokteran UNAIR. Selain membuka kelas regular, Universitas Airlangga juga membuka kelas internasional  seperti universitas-universitas lain yang terkenal dengan IUP UNAIR.

Salah satu kelas internasional yang ditawarkan yaitu jurusan kedokteran atau medical yang merupakan salah satu jurusan di UNAIR tersebut. Bagi yang masih bingung perbedaan dari kelas IUP dengan regular, yuk simak penjelasan singkat berikut ini!

Perbedaan Program IUP dengan Kelas Reguler

Antara program kelas internasional (IUP) dengan kelas regular di Universitas Airlangga pastinya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut antara lain:

  • Yang pertama, antara IUP Kedokteran / Medicine UNAIR dengan kelas regular perbedaannya terletak pada jalur masuknya. Baik antara IUP dengan kelas regular sudah pasti memiliki jalur yang berbeda. Untuk jalur masuk kelas regular di UNAIR melalui SNMPTN, SBMPTN, UTUL dan PBU. Sedangkan untuk program kelas IUP Kedokteran tidak melalui jalur tersebut. Biasanya program kelas IUP akan membuka pendaftaran sebanyak 3 kali gelombang.
  • Perbedaan yang kedua yaitu materi yang akan diujikan tentu saja akan berbeda antara kelas regular dengan IUP. Untuk program kelas IUP biasanya terdapat persyaratan bagi calon mahasiswa / mahasiswinya untuk mengikuti tes potensial akademik dari UNAIR. Selain TPA, juga akan di tes kemampuan Bahasa Inggrisnya melalui tes (TOEFL, ITP, IELTS) serta Leadership Group Discusion. Untuk tes program IUP yang terakhir adalah wawancara.
  • Perbedaan ketiga terletak pada biaya serta fasilitas IUP Medicine dengan kelas regulernya. Untuk mahasiswa UNAIR program regular biasanya diharuskan membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang disesuaikan dengan pendapatan orang tua. Sedangkan untuk program IUP biasanya akan dikenakan rata-rata 30 juta rupiah. Pastinya jumlah biaya tersebut juga ditentukan dengan fasilitas yang akan didapatkan mahasiswa maupun mahasiswinya.
  • Nah untuk perbedaan yang selanjutnya yaitu terletak pada proses belajarnya. Kelas regular Bahasa pengantar dan materinya menggunakan Bahasa Indonesia dengan kombinasi sedikit Bahasa Inggris. Sedangkan untuk IUP Bahasa pengantar dan semua materinya akan menggunakan Bahasa Inggris. Khusus kelas IUP biasanya akan didatangkan dosen dari luar negeri secara langsung untuk mengajar di kelas.
  • Perbedaan kelima yaitu terletak pada syarat kelulusan antara kelas IUP dengan regular. Program IUP harus melakukan Internasional Exposure, mahasiswa dan mahasiswi dituntut memiliki pengalaman di dalam dunia internasional. Biasanya mereka akan dijadikan sebagai lulusan dengan double degree program.

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara program kelas IUP dengan regular Anda minat masuk ke mana?. Masih bingung? Tenang, untuk menentukan jurusan dan universitas yang Anda idam-idamkan kini tidak perlu pusing-pusing lagi sebab ada eSmart Private. Ini adalah sebuah bimbel yang siap memberikan dukungan terbaiknya agar sukses masuk ke jurusan dan universitas pilihan terbaik.

Bagi Anda yang ingin lolos IUP Kedokteran / Medicine UNAIR maka disarankan untuk segera berlangganan di bimbel eSmart yang sudah terpercaya dan terbukti sudah banyak lulusan yang berprestasi dari bimbel tersebut. Bimbel eSmart jual modul IUP universitas Airlangga terlengkap sesuai dengan kebutuhan persiapan tes untuk para calon peserta didik baru. Selain itu, waktu les di bimbel terpercaya ini fleksibel, dan bagi yang rumahnya berada jauh dari tempat bimbingan eSmart, Anda masih bisa mengikuti bimbingan secara online. Untuk berlangganan langsung saja klik website resminya https://iup-unair.esmart-private.com Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan, seperti fasilitas-fasilitasnya yang sudah memadai.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *