Perbedaan Program IUP dan Reguler Hubungan Internasional UGM

Perbedaan Program IUP dan Reguler Hubungan Internasional UGM

Biaya IUP Hubungan Internasional UGM – UGM adalah Universitas yang memelopori adanya pendidikan sarjana dalam bidang Hubungan Internasional dan pada tahun 2011 program studi hubungan internasional UGM turut membuka program internasional dan menjadi bagian dari IUP UGM. Berbeda dengan program regular, program ini menawarkan banyak kelebihan dan superioritas yang menjadi salah satu alasan kenapa biaya IUP Hubungan Internasional UGM sangat mahal.

Urain Program Sarjana Internasional prodi Hubungan Internasional UGM

Untuk mengetahui lebih jauh perbedaan program IUP dan program regular Hubungan Internasional UGM, berikut kami bagikan detail informasi tentang program studi IUP di fakultas Hukum UGM.

IUP Hubungan Internasional UGM

IUP adalah program yang diupayakan dalam rangka menyongsong masyarakat global yang damai, adil, dan beradab. Tujuannya adalah untuk berpartisipasi menjadi anggota masyarakat dunia, membawa perubahan dalam hal politik, ekonomi, social kearah yang lebih baik.

Mahasiswa program ini dituntut memiliki kompetensi akademik dalam upayanya terlibat secara internasional. Program ini juga diharapkan dapat memberikan pelajaran yang kolaboratif dan inovatif dalam kaitannya dengan studi Hubungan Internasional.

Baca juga : Biaya IUP Psikologi UGM

Ada 3 hal yang membedakan IUP Hubungan Internasional UGM dan program regular yakni, proses belajar-mengajar termasuk tugas dan ujian pada program IUP dilakukan dalam bahasa inggris, proses seleksi dan biaya kuliah yang lebih sulit dan mahal serta adanya kewajiban bagi mahasiswa program IUP untuk mengambil kredit di salah satu universitas luar negeri yang bekerja sama dengan UGM.

IUP Hubungan Internasional UGM memiliki tiga konsentrasi yakni politik dan keamanan global, studi konflik serta ekonomi politik dan pembangunan internasional.

Rincian Biaya Program

Biaya IUP Hubungan Internasional UGM tidak jauh berbeda dengan disiplin ilmu lainnya yakni Rp 1,5 juta untuk biaya admisi. Pembayaran uang semester tidak menggunakan sistem UKT, bagi mahasiswa asing yang diterima program ini diharuskan membayar sebesar Rp 35 Juta sementara mahasiswa Indonesia Rp 25 juta. Jika terjadi perubahan biaya program hanya akan berefek pada calon mahasiswa baru.

Jumlah biaya yang sangat mahal itu bahkan belum mencakup biaya yang harus dikeluarkan untuk pengabdian kepada masyarakat, ataupun buku-buku pedoman dalam pembelajaran.

Baca juga : Biaya IUP Hukum UGM

Proses Pendaftaran

Pendaftaran IUP UGM biasanya dibuka lebih awal dibandingkan dengan jalur lainnya, Alur pendaftarannya dibagi menjadi 3 periode, namun pada tahun ini periode kedua telah ditiadakan.

Periode pertama berisi kegiatan procedural seperti membuat akun dan mengunggah berkas yang dibutuhkan. Periode ketiga meliputi tes GMST (Gadjah Mada Scholastic Test), tes kemampuan bahasa inggris  (AcEPT) dan tes tahap 2 dari fakultas yang berisi interview dan LGD.

Demikian adalah uraian program kelas internasional dan biaya IUP Hubungan Internasional UGM yang perlu anda ketahui. Bagi yang berminat mengambil program ini dan masih khawatir untuk melalui tahapan tesnya, anda dapat bergabung dengan eSmart Private yang telah terbukti mampu mencetak siswa-siswa yang berhasil masuk program sarjana Internasional UGM. Tempat ini juga menyediakan kelas intensif bagi jurusan-jurusan yang memiliki program sarjana internasional.

Para tentor-tentor yang berpengalaman siap membimbing anda mewujudkan impian untuk memasuki kampus idaman. Bagi siswa yang berada di luar area jogja eSmart Private juga menyediakan private online yang lebih fleksibel sehingga bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Mottonya adalah memberikan dukungan terbaik agar anda sukses masuk jurusan terbaik dan universitas pilihan. Untuk informasi lengkapnya kunjungi website https://iup-ugm.esmart-private.com.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *